full screen background image

News Detail

03 October 2012

Lapangan Futsal, Ukuran Standard FIFA

 

Lapangan futsal tumbuh dengan rating yang luar biasa cepat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini di pasar Indonesia. Selain olahraga ini digemari oleh masyarakat, para pebisnis juga berlomba-lomba investasi di bidang ini karena menjanjikan keuntungan yang pasti. Banyak orang awam yang memainkan olahraga futsal ini sebagai olahraga hiburan, sekedar kumpul bersama teman, tetapi tidak sedikit pemain yang menekuni dengan serius olahraga futsal ini. 

 

PSSI (Persatuan Sepak Bola Indonesia) adalah asosiasi yang membawahi futsal di Indonesia, dan secara otomatis harus patuh terhadap aturan dan tata tertib dibawah FIFA (Federation of International Football Association). Setiap 2 tahun sekali, FIFA akan mengeluarkan update / revisi mengenai peraturan futsal dengan tujuan mencapai standard internasional. Buku aturan ini dapat dilihat langsung di website FIFA.

 

Disini kami memaparkan ukuran lapangan futsal yang diatur oleh FIFA tahun 2010 - 2011:

 

Semua garis permainan harus memiliki lebar 8cm

 

Untuk pertandingan non-internasional, ukuran lapangan adalah sebagai berikut:


Panjang (garis sentuh) minimum 25m , maksimum 42m

Lebar (garis goal) minimum 16m, maksimum 25m

 

Untuk pertandingan internasional, ukuran lapangan adalah sebagai berikut:


Panjang (garis sentuh) minimum 38m , maksimum 42m

Lebar (garis goal) minimum 20m, maksimum 25m

 

Pada umumnya, lapangan futsal yang terdapat di Indonesia adalah dengan ukuran non-internasional dengan size terkecil Panjang (garis sentuh) 25m dan Lebar (garis goal) 15m. Ini sudah sesuai dengan aturan FIFA tetapi mengikuti aturan tahun 2008. Sejak tahun 2010, Lebar (garis goal) harus minimal 16m.

 

Dengan informasi ini, harapan kami terhadap lapangan futsal yang telah berdiri, perubahan garis permainan bisa disesuai secara bertahap. Apabila pertandingan masih menggunakan garis permainan lama, sebaiknya sudah disetujui oleh semua pihak yang terlibat dalam pertandingan tersebut.

 

Jaring pengaman yang pada umumnya terdapat di lapangan futsal dapat di applikasikan dengan jarak 0.5m - 1m diluar garis permainan untuk pertandingan non official.

 

Untuk konsultasi lebih detail mengenai investasi lapangan futsal, bisa hubungi kami di 021 390 7495 atau sales@rumputsintetis.com

 

 

Back to News